TUGAS POKOK DAN FUNGSI

TUGAS

Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah mempunyai tugas melaksanakan urusan bidang pemberdayaan koperasi, bidang pemberdayaan usaha kecil, bidang kelembagaan, bidang pengawasan dan pemeriksaan koperasi yang menjadi kewenangan Provinsi dan tugas pembantu kepala daerah provinsi.

FUNGSI:

a.   Penyelenggaraan perumusan, kebijakanpemeriksaan dan pengawasan koperasi, penilaian kesehatan koperasi, pendidikan dan pelatihan perkoperasian, pemberdayaan perlindungan koperasi, pemberdayaan usaha menengah, usaha kecil, dan usaha mikro, pengembangan usaha kecil dan usaha mikro, konsultasi dan pendamping usaha sesuai dengan lingkup tugassnya.

b.  Penyelenggaraan kebijakan pemeriksaan dan pengawasan koperasi, penilaian kesehatan koperasi, pendidikan dan pelatihan perkoperasian, pemberdayaan perlindungan koperasi, pemberdayaan usaha menengah usaha kecil, dan usaha mikro, dan pendamping usaha sesuai dengan lingkup tugasnya.

c.   Penyelenggaraan pelaksanaan evaluasi pemeriksaan, dan pengawasan koperasi, penilaian kesehatan koperasi, dan pendidikan dan pelatihan perkoperasian, pemberdayaan perlindungan koperasi, pemberdayaan usaha menengah, usaha kecil, dan usaha mikro, pengembangan usaha kecildan usaha mikro, konsultasi dan pendampingan usaha sesuai dengan lingkup tugasnya.

d. Penyelenggaraan pelaksanaan administrasu pemeriksaan dan pengawasan koperasi, penilaian kesehatan koperasi, pendidikan dan pelatihan perkoperasian, pemberdayaan perlindungan koperasi, pemberdayaan usaha menengah, usha kecil, dan usaha mikro, pengembangan usaha kecil dan mikro, konsultasi dan pendampingan usaha sesuai dengan lingkup tugasnya.

e.   Penyelenggaraan tugas lain yang diberikan oleh Gubernur terkait dengan tugas dan fungsinya.

f.   Penyelenggaraan pengkoordinasian pengawasan kelembagaan koperasi, usaha koperasi, usaha mikro  kecil menengah dan fasilitasi pembiayaan dan sarana.

g.   Penyelenggaraan pelaksanaan penegakan hukum kelembagaan koperasi, usaha koperasi, usaha mikro kecil menengah dan fasilitasi pembiayaan dan sarana.

h.  Penyelenggaraan penataan pembinaan dan pengkoordinasian Unit Pelaksana Teknis Dinas.

i.    Pembinaan dan peningkatan partisipasi masyarakat, lembaga non pemerintah dan swasta dalam pengelolaan koperasi dan usaha mikro kecil menengah, sesuai ketentuan yang berlaku.

j.    Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Gubernur melalui Sekretaris Daerah sesuai bidang tugas   dan fungsinya.

k.   Pemberian masukan yang perlu kepada Gubernur melalui Sekretaris Daerah sesuai bidang tugas dan fungsinya.

l.    Pelaporan dan pertanggungjawaban atas pelaksanaan tugas dan fungsinya kepada Gubernur melalui Sekretaris Daerah, sesuai standar yang ditetapkan. 

(1)   Untuk melaksanakan tugas dan fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) Kepala Dinas mempunyai uraian tugas : 

a.  Menyelenggarakan pembinaan,  sinkronisasi, pengendalian tugas dan fungsi Dinas.

b.    Menyelenggarakan penetapan program kerja dan rencana kegiatan dinas, sesuai dengan arahan pembangunan nasional dan pembangunan daerah.

c.    Menyelenggarakan penetapan pengkajian dan menetapkan pemberian dukungan dengan kebijakan umum dan kebijakan Pemerintah Daerah.

d.   Menyelenggarakan pengkajian dan menetapkan pemberian dukungan tugas atas penyelenggaraan Pemerintahan Daerah dibidang perkoperasian dan usaha mikro kecil menengah.

e.  Menyelenggarakan fasilitasi yang berkaitan dengan penyelenggaraan program kelembagaan koperasi, usaha koperasi, usaha mikro kecil menengah dan fasilitasi pembiayaan dan sarana.

f.   Menyelenggarakan pemberian saran pertimbangan dan rekomendasi mengenai koperasi dan usaha kecil menengah sebagai bahan penetapan kebijakan umum pemerintah daerah.

g.  Menyelenggarakan telaahan staf sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan.

h.  Menyelenggarakan koordinasi dan kerjasama dengan instansi/lembaga terkait lainnya untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan dinas.

i.   Menyelenggarakan pengkoordinasian penyusunan tugas-tugas teknis serta evaluasi dan pelaporan yang meliputi kesekretariatan, kelembagaan koperasi, usaha koperasi, usaha mikro kecil menengah dan fasilitasi pembiayaan dan sarana.

j.    Menyelenggarakan koordinasi kegiatan teknis dalam rangka penyelenggaraan pelayanan dibidang koperasi dan usaha kecil menengah.

k.    Menyelenggarakan koordinasi dengan dinas/lembaga koperasi dan usaha kecil menengah lintas Kab/Kota.

l.     Menyelenggarakan pengkoordinasian dan membina Unit Pelaksana Teknis Dinas.

m.   Menyelenggarakan koordinasi dengan Unit Kerja lain.

Menyelanggarakan tugas lain, sesuai dengan tugas dan fungsinya.

  (2)   Untuk melaksanakan tugas, fungsi dan uraian tugas sebagaimana dimaasud pada ayat (1), ayat (2) dan ayat (3), Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah dibantu :

     a. Sekretariat;

     b. Bidang Kelembagaan ;

     c. Bidang Pemberdayaan Koperasi;

     d. Bidang Pengawasan dan Pemeriksaan;

     e. Bidang Pemberdayaan Usaha Kecil;

     f. Unit Pelaksana Teknis Pelatihan Koperasi dan Mikro Kecil Menengah;

     g. Unit Pelaksana Teknis Pusat Layanan Usaha Terpadu;

     h. Kelompok Jabatan Fungsional.

Kepala Dinas


Peta Lokasi


Agenda

Berita Terkini

Arsip Berita


Link Terkait

Aplikasi

Statistik Pengunjung

006252


Pengunjung hari ini : 13
Pengunjung Online : 1
Total pengunjung : 6252